Jul 25, 2020 Usaha Rumahan Menguntungkan

5 Ide Bisnis Kreatif Agar Sukses Berbisnis Di Masa Pandemi

Kasus terjadi gangguan distribusi dan pemasaran produk pertanian disertai dengan penurunan harga telah terjadi di berbagai daerah produksi walaupun mungkin bersifat sementara. Kondisi ini dikhawatirkan dapat mengurangi insentif bagi petani untuk berproduksi pada musim-musim berikutnya. Di samping itu, terhambatnya pasokan sarana produksi dan tenaga kerja akibat menurunnya mobilitas manusia karena penerapan protokol kesehatan dapat memengaruhi proses produksi pertanian.

Di situasi rentan seperti ini, usaha pemasaran dan komunikasi berperan penting untuk mempertahankan kestabilan bisnis. Untuk menanggapi pandemi COVID-19, bisnis dapat menyampaikan apa saja usaha yang dilakukan untuk para konsumen dan masyarakat pada saat krisis terjadi. Strategi-strategi yang sudah diulas di atas, seperti melakukan delivery dan menyalurkan melalui e-commerce, bertujuan untuk membantu konsumen untuk tetap aman saat berbelanja.

Tidak bisa dipungkiri, web telah menjadi kebutuhan pokok masyarakat di masa pandemi. Banyak kegiatan yang dialihkan secara daring, mulai dari do enterprise from home, belajar on-line, hingga transisi dari bisnis konvensional ke bisnis on-line. Hal itu dipicu oleh adanya pandemi virus corona sehingga pelaku usaha mengubah strategi pemasaran mereka.

Cara berbisnis dalam masa pandemik

Kemudian, karena keterbatasan jarak, Netflix pun semakin berkembang ke ranah media digital dengan menyediakan tontonan secara on-line seperti sekarang ini. Dari pengalaman Netflix, kita bisa belajar untuk lebih mengandalkan sarana digital demi kesuksesan bisnis. Bila suatu hari terjadi situasi yang mendesak bisnismu untuk kembali bekerja dari kantor, kamu harus siap untuk membuat sistem baru dan mencari jalan keluar agar para karyawan dari daerah lain tetap bisa bekerja. Di sinilah kamu harus bersikap fleksibel dalam merencanakan sistem kerja. Terlebih, tidak semua orang mau dan mampu memasak sendiri di rumah, sehingga permintaan untuk produk-produk makanan cenderung mengalami peningkatan.

Pemilik usaha kecil seringkali tidak dapat membedakan konsep diversifikasi dengan mengoleksi produk. Hal ini justru membuang-buang waktu dan uang jika dilakukan tanpa mengevaluasi permintaan pasar atau perilaku konsumen lokal. Karena adanya anjuran pemakaian masker kain untuk masyarakat yang sehat, bisnis pembuatan masker kain juga mulai diminati. Banyak orang memulainya sebagai bisnis rumahan, bermodal mesin jahit dan kain katun tebal/ nonwoven cloth. Penerapan pembatasan sosial membuat banyak orang bergantung pada jasa pengolah makanan. Variasi lain seperti nasi berlauk sehat atau makanan vegetarian juga cukup laris.