Jul 22, 2020 Usaha Rumahan Menguntungkan

Muncul Covid

Jika ditanya perkembangan pasar madu, dapat kami sampaikan bahwa pasar terus berkembang ke arah positif. Hal ini disebabkan makin sadarnya masyarakat dengan kesehatan dan semakin selektifnya mereka saat membeli produk kesehatan seperti madu. Untuk saat ini, cara termudah untuk memulai usaha adalah dengan menjadi tim reseller orang lain dengan produk yang kita inginkan.

Ia lalu mem-branding usaha dengan nama panggilannya saat SMA, Si Bangkong. Berawal dari warung kecil ala kadarnya, usahanya terus berkembang hingga jadi favorit di daerah kampus Telkom University, bahkan di daerah lain sekitarnya. Sebelum pandemi, kata pria asal Dusun Nglinguk, Desa Trowulan, Kecamatan Trowulan itu, sebagian besar pendapatan Adib, didapat dari hasil pertunjukan kesenian yang populis di kawasan lereng pegunungan itu. Mereka pun terpaksa menolak berbagai permintaan tampil demi keselamatan.

Tak berapa lama kemudian, ia pun mulai fokus untuk mencari madu di dalam hutan Lambusango dengan peralatan yang seadanya. Hasilnya, ia mulai jual di depan rumahnya sendiri dengan dikemas dalam enam botol air mineral berukuran sedang. Miki pun mulai merogoh kocek sebesar Rp2 juta yang digunakan sebagai modal awal. Uang tersebut dipergunakan untuk membeli madu murni curah, kemasan botol plastik dan pelengkap branding lainnya. Berkat hubungannya yang baik dengan rekan-rekannya saat menjadi pemasar madu, ia mendapatkan kepercayaan dari seorang teman. “Saya dipercaya karena mampu menghasilkan madu berkualitas dengan harga murah,” katanya.

Berjualan madu

Bagi pemula madu untuk bisnis merupakan kesempatan yang tidak boleh dilewatkan, kebutuhan akan madu juga banyak. Lebah akan melakukan dan menjalani proses perkawinan secara alamiah dengan caranya sendiri. Ini tentu akan menguntungkan kamu dalam memelihara dan melakukan budidaya lebah. Harga jual madu untuk sekarang bisa mencapai ratusan ribu untuk jenis madu premium. Jika melihat keuntunganya yang ia dapat, dalam sehari bisa mencapai Rp 200 ribu hingga Rp 300 ribu. Jika dihitung dalam sebulan bisnis tersebut dapat menghasilkan keuntungan Rp 6 juta.

“Tersangka mengaku belajar dari web dalam membuat campuran pembuatan madu. Para tersangka mengaku nekat menjual madu palsu karena kebutuhan ekonomi. MS, pemilik pabrik, mengaku sebelumnya hanya berjualan mie ayam,” ucapnya. Banyak dari brand-brand pilihan ini juga sudah gencar dengan perbaikan taraf hidup dan kesejahteraan petani kecil dan masyarakat miskin melalui pemberdayaan yang positif. Jangan pernah sekali-kali menjual madu palsu, sebab jika konsumen tahu, mereka tidak akan pernah lagi membeli kepada Anda.

Namun, tampaknya tidak meredakan perburuan air kelapa di masyarakat. Banyak penyintas Covid-19 mengaku bahwa mengonsumsi air kelapa membantu mereka melalui masa-masa kritis saat menderita Covid-19. Kelapa muda yang dijual oleh Herman pun memilik harga yang bervariasi.

Dia mendapat tugas memasarkan madu-madu produksi perusahaan itu. Meski tanpa bekal ilmu pemasaran, ia tetap percaya diri. Percaya pada kemampuan diri sendiri dan selalu pantang menyerah akan berujung pada kesuksesan. [newline]Keberhasilannya membangun CV Madu Apiari Mutiara, perusahaan penghasil madu kemasan, tak lepas dari kemauan dia untuk belajar dan bekerja keras agar selalu maju. Sekarang ini eranya online, mari gunakan media online yang ada untuk mempromosikan produk kita.